Kalimantan Selatan - Sosial

a. Penduduk
Berdasarkan Sensus Penduduk 2013, jumlah penduduk Kalimantan Selatan sebanyak 3.854.485 jiwa, terdiri dari 1.951.573 jiwa laki-laki dan 1.902.912 jiwa perempuan dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,84%. Penyebaran penduduk terbesar di Kalimantan Selatan berada di Kota Banjarmasin sebagai ibukota provinsi sebanyak 656.778 jiwa, kemudian disusul oleh Kabupaten Banjar sebanyak 536.328 jiwa dan Kabupaten Tanah Laut sebanyak 313.725 jiwa. Sedangkan jumlah penduduk terkecil di Kalimantan Selatan berada di Kabupaten Balangan, yaitu sebanyak 119.171 jiwa.

b. Tenaga Kerja
Hasil SAKERNAS 2013 mencatat bahwa penduduk Kalimantan Selatan yang berusia 15 tahun ke atas sebanyak 2.733.752 jiwa. Dari jumlah tersebut sebanyak 66,46 % berstatus bekerja, sedangkan yang mencari kerja atau pengangguran sebanyak 2,62 %. Penduduk yang bukan angkatan kerja terdiri dari penduduk yang bersekolah, mengurus rumah tangga dan kegiatan lainnya sebanyak 30,92 % dari total penduduk yang berumur 15 tahun ke atas.
Sektor pertanian masih menjadi lapangan pekerjaan utama di Provinsi Kalimantan Selatan, disusul sektor jasa dan industri. Sektor pertanian paling banyak digeluti di Kabupaten Balangan dan Barito Kuala, sedangkan sektor jasa paling banyak digeluti di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru.

c. Pendidikan
Keberhasilan pembangunan suatu daerah sangat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan penduduknya. Peningkatan mutu pendidikan harus diimbangi dengan penyediaan sarana pendidikan dan tenaga pengajar. Jumlah sarana pendidikan berupa SD di Provinsi Kalimantan Selatan berjumlah 3.275 buah dengan tenaga pengajar sebanyak 33.840 orang dan murid sebanyak 456.398 orang. Sedangkan untuk sarana pendidikan SLTP berjumlah 890 buah dengan tenaga pengajar sebanyak 16.343 orang dan murid sebanyak 169.560 orang. Sarana pendidikan SLTA berjumlah 309 buah dengan tenaga pengajar sebanyak 6.802 orang dan murid sebanyak 73.757 orang.
Rasio murid-kelas di Kalimantan Selatan untuk SD, SLTP dan SLTA masing-masing sebesar 21:25:30, dimana angka tersebut menunjukkan ketersedian sarana kelas untuk setiap jenjang pendidikan terbilang memadai. Tersedianya sarana pendidikan yang layak serta kualitas guru yang handal diharapkan mampu memberikan dampak pada kemajuan pendidikan, terutama dalam program pemberantasan buta aksara.

d. Kesehatan
Sarana kesehatan di Kalimantan Selatan terdiri atas rumah sakit, puskesmas dan puskesmas pembantu. Jumlah puskesmas yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Selatan pada tahun 2013 sebanyak 228 buah dan puskesmas pembantu sebanyak 582 buah. Sedangkan untuk jumlah rumah sakit sebanyak 31 buah untuk seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Selatan dengan kategori umum, khusus dan jiwa. Dengan adanya fasilitas kesehatan yang tersebar di wilayah Kalimantan Selatan diharapkan mampu memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat.

e. Keagamaan
Kehidupan beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa senantiasa dikembangkan dan ditingkatkan untuk membina kehidupan masyarakat yang agamis, harmonis, saling toleransi dan bekerjasama. Dalam rangka mendukung kondisi tersebut, diperlukan sarana untuk memupuk keimanan dengan adanya tempat ibadah sesuai dengan agama masing-masing.
Sebagian besar penduduk di Kalimantan Selatan beragama Islam dan selebihnya beragama Kristen, Katolik, Budha dan Hindu. Sarana peribadatan yang tersebar di kabupaten/kota di Kalimantan Selatan antara lain 2.490 mesjid, 96 gereja, 16 vihara dan 121 pura.


English
Based on Population Census in 2013, the population of South Kalimantan is 3,854,485 peoples, comprising of 1,951,573 male and 1,902,912 female with population growth amounted 1.84%. From these results dissemination, largest population in South Kalimantan is in Banjarmasin city as the capital of province amounted 656,778 peoples, followed by Banjar Regency amounted 536,328 peoples and Tanah Laut Regency amounted 313,725 peoples. While the smallest population in South Kalimantan are in Balangan Regency amounted 119,171 peoples.


Galeri

people

Data Potensi

Provinsi Kalimantan Selatan

Link Terkait



Link PDKPM


Buku Tamu

@Anggit Septiawan

Semoga BKPM Kalsel menciptakan lapangan kerja sebesar-besarnya untuk mengurangi angka pengangguran.

@JimmiXzSw

e3h63i http://www.FyLitCl7Pf7ojQdDUOLQOuaxTXbj5iNG.com

@JimmiXzSw

T1LSos http://www.FyLitCl7Pf7ojQdDUOLQOuaxTXbj5iNG.com

@JimmiXzSw

ACTBD1 http://www.FyLitCl7Pf7ojQdDUOLQOuaxTXbj5iNG.com

@JimmiXzSw

GmWWEf http://www.FyLitCl7Pf7ojQdDUOLQOuaxTXbj5iNG.com

@JimmiXzSw

NQTiMu http://www.FyLitCl7Pf7ojQdDUOLQOuaxTXbj5iNG.com

@JimmiXzSw

nMEUb1 http://www.FyLitCl7Pf7ojQdDUOLQOuaxTXbj5iNG.com

@Muhammad noor

Ulun pambakal desa sungai rangas tengah kec.martapura barat kab.banjar kalsel Desa uln telah menjadwalkan utk thn 2017 ini beberapa event/pestifal di

@nasrul

bisa dikirmin data statistik nya

@abi safari rahman

assalam mualaikum. saya mau tanya. bagaimana cara mendapatkan bantuan modal untuk petani kecil yang menanam jenis sayuran (seperti saya ini)?? sebab

@muhammad hanif

Bagaimana cara meminta bantuan modal bagi peternakan lele di kotabaru.? Terimakasih.

@BRENDA ELLYSE SANGARI

untuk daftar perusahaan karet yang ada di alimantan selatan ditambah 1 lagi, bertempat di batulicin kabupaten tanah bumbu. PT. Nusantara Batulicin pe

@H.bahrianor

Promosi kan terus potensi kalsel yang ada guna meningkatkan arus investasi dimasa yang akan datang selalu mendapat peningkatan

@M. Alpian Noor

Mudah-mudahan BKPMD menjadi Badan yang terbaik di Kalsel & menjadi contoh bagi Provinsi lain ^^

@Baihaqi

tolong informasikan berita terbaru

@Ferie Nunci

Semoga BKPMD mampu menjadi badan yang dapat menarik para investor untuk ber investasi di banua tercinta Kalimantan Selatan... :)

@nduaksan

welcome


Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah Provinsi Kalimantan Selatan ©2015